Kamis, 19 April 2012

GERAKAN REVITALISASI PANCASILA



Menegakkan hak asasi manusia (HAM) dan melakukan gerakan revitalisasi pancasila merupakn upaya cerdas mempertahankan keutuhan bangsa indonesia. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya kekerasan dan pelanggran ham di negara kita negara indonesia. pancasila merupakan simbol negara dan falsafah tertinggi yang bisa mempersatukan warga negara tanpa melihat latar belakang Suku, Agama maupun Ras. Lima dasar atau yang lebih di kenal dengan sebutan pancasila akhir akhir ini sedang mengalami pergeseran nilai fungsi dan peranannya akibat ulah kelompok yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa indonesia. Sebagai pemuda hendaknya kita sadar atas kondisi negara kita yang sedang terancam mengalami perpecahan, Oleh karena itu sebagai pemuda juga harus merasa memiliki tanggung jawab besar atas fungsi dan peranan pancasila di negara kita . Kita sebagai pribadi memang tidak bisa melakukan hal besar untuk bangsa indonesia. Tetapi kita bisa melakukan hal kecil yang memiliki dampak besar terhadap bangsa ini. Yakni dengan melakukan kampanye kepada masyarakat di lingkungan kita untuk bisa menghargai perbedaan yang ada.
Gerakan revitalisasi pancasila merupakn gerakan bersama sama secara serempak untuk menfungsikan kembali peranan pancasila di indonesia sebagai dasar negara dan pemersatu bangsa. Dengan melakukan gerakan tersebut berarti secara tidak langsung kita juga sudah merealisasikan rasa nasionalisme dalam diri kita. Untuk kembali mengfungsikan pancasila tidak hanya menjadi tanggung jawab birokrasi pemerintahan saja melainkan seluruh warga negara yang memiliki pemaham atas sebuah perbedaan.
Gerakan revitalisasi pancasila menjadi PR besar bagi warga indonesia khususnya pemuda jika memang benar benar menginginkan persatuan dan kesatuan di negeri tercinta ini tetap utuh sampai kapanpun. Pancasila tidak hanya menjadi dasar negara saja tetapi pancasila juga merupakan warisan yang sangat berharga bagi kita semua. Untuk itu mari bersama sama mulai dari yang tua hingga yang muda untuk menjaga ke utuhan fungsi dan peranan pancasila. Tidak hanya yang tua maupun yang muda bahkan anak anak mari kita berikan pemahaman atas perbedaan yang ada di negara indonesia agar kelak bisa melanjutkan apa yang bisa kita lakukan saat ini yakni menjaga fungsi dan peranan pancasila
<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar